Cara membaca Mistar geser/ vernier caliper (jangka sorong)


      Sebelum membahas tentang cara membaca vernier caliper ini, terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa itu vernier caliper atau di sebut juga dengan jangka sorong. Jangka sorong merupakan suatu alat ukur yang presisi sehingga dapat di gunakan untuk mengukur benda kerja secara presisi atau benda kerja yang mempunyai tinggat kepresisian yang tinggi.
Alat ukur ini di gunakan untuk mengukur diameter luar, diameter dalam, kedalaan lubang, lebar suatu celah dan jarak antara dua buat titik, yang membutuhkan ketelitian hingga 0,02mm. Alat ini juga dapat mengukur panjang suatu benda kerja bilamana ukuran vernier caliper tersebut mencukupi.



Keterangan:
a. Permukaan pengukur dalam
b. Baut pengunci final
c. Pengukur kedalaman (depth probe)
d. Skala utama (main scale)
e. Skala vernier (vernier scale)
f. Batang pengukur utama (main beam)
g. Permukaan pengukur luar

     -Rahang tetap (fix jaw) merupakan rahang yang tidak dapat di geser yang bingkainya terdapat pembagian skala yang sangat teliti
     -Rahang geser (sliding jaw) merupakan rahang yang dapat digeser yang skala noniusnya dapat di gerakkan sepanjang bingkai, untuk jenis mistar sorong tertentu sudah di lengkapi dengan pengatur gerakan yang halus sepanjang bingkainya.
     -Permukaan pengukur dalam (a) di gunakan untuk mengukur dimensi dalam dari suatu benda
     -Permukaan pengukur luat (g) di gunakan untuk mengukur dimensi luar dari suatu benda
     -Batang pengukur kedalaman (c) di gunakan untuk menentukan ukuran kedalaman dari suatu benda



Cara melakukan pengukuran

     Yang pertama tama di lakukan saat akan melakukan pengukuran dengan vernier caliper ini adalah atur kedudukan rahang pengukur untuk pengukuran bagian luar benda kerja, pembukaan rahang diperkirakan lebih besar dari ukuran benda kerja yang akan di ukur.
Selanjutnya tempatkan benda kerja di antara rahang tetap dan rahang geser kemudian atur rahang geser untuk menjepit benda kerja dengan rahang tetep, penjempitan tidak boleh terlalu longgar dan terlalu sesak dan semua permukaan rahang menyentuh permukaan benda kerja, setelah selesai rapatkan mur pengunci agar pengukuran tidak berubah. Kalau langkah ini telah selesai tinggalah kita membaca ukuran yang ditunjukkan oleh vernier caliper.



Hal hal yang perlu di perhatikan dalam pengukuran dengan menggunakan jangka sorong sebagai berikut.

    a. Sebelum melakukan pengukuran, periksa bahwa sliding jaw bergerak bebas dan angka nol pada skala bertemu dengan tepat.


    Pada waktu melakukan pengukuran, usahakan benda kerja yang akan di ukur sedekat mungkin dengan skala utama, pengukuran di ujung rahang mistar geser menghasilkan pembacaan yang kurang akurat

      b. Pada waktu pengukuran, mistar geser harus tegak lurus dengan benda yang akan di ukur
Pengukuran diameter luar


     d. Pengukutan diameter dalam


     c. Pengukuran kedalaman


     Cara membaca ukuran pada jangka sorogng terdiri dari dua langkah, yaitu membaca skala utama dan membaca skala vernier. Angka pada skala utama yang di gunakan adalah yang terletak di sebelah kiri angka 0(nol) pada skala vernier, sedangkan pembancaan skala vernier di lakukan dengan menentukan garis pada skala vernier yang paling tepat berimpita segaris dengan garis skala utama.
Contoh pengukuran dengan jangka sorong sebagai berikut

Contoh 1

     pada gambar di atas, skala utama menunjukkan 4,7 cm. pada gambar di atas, garis yang berimpitan dengan sekala utama adalah garis ke 4, yang menunjukkan nilai 0,2 mm atau 0,02 cm. hasil pengukuran total adalha penjumblahan skala utama dengan skala vernier. ukuran benda kerja pada gambar di atas adalah 4,7  cm + 0,02 cm = 4,72 cm atau 47,2 mm


Contoh 2

     pada gambar di atas, skala utama menunjukkan 7,2 cm. pada gambar di atas, garis yang berimpitan dengan sekala utama adalah garis ke 10, yang menunjukkan nilai 0,45 mm atau 0,045 cm. hasil pengukuran total adalha penjumblahan skala utama dengan skala vernier. ukuran benda kerja pada gambar di atas adalah 7,2  cm + 0,045 cm = 7,245 cm atau 72,45 mm




     Hasil pengukuran benda ukur dengan menggunakan jangka sorong sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

a. Faktor orang yang melakukan pengukuran,
b. Benda yang di ukur,
c. Pengaruh lingkungan, dan
d. Cara mengunakan alat ukur


    secara garis besar untuk melakukan pengukuran suatu benda dengan vernier caliper sudah ada di atas,  dan untuk yang membaca artikel kali ini saya ucapkan terima kasih. 
insyaallah untuk artikel selanjutnya akan membahas tentang cara membaca micrometer.

Komentar